jason mraz

Rabu, 17 Desember 2014

kemungkaran



INGAT KEMUNGKARAN DI TAHUN BARU !!


            Saudaraku seiman, saat ini kit berada di penghujung tahun. Tak terasa oleh kita setiap pergantian hari, bulan hingga tahun. Kita tak akan dapat melihat bagaimana proses sebuah mangga menguning, pernahkah kita melihat itu? Saya kira kita semua tak pernah melihat proses perubahan itu yang dapat kita ketahui adalah buah itu yang tadinya hijau kini menjadi kuning. Sama halnya seperti kita tak akan melihat gerak  matahari dan bulan, yang kita lihat adalah pergantian siang dan malam. Itu artinya, semakin lama, semakin bertambah pula usia kita.
       Seharusnya ini menjadi sebuah renungan bagi kita sahabat, mengertikah bahwasannya setiap pertambahhan umur kita maka semakin mengurang pula sisa hidup kita di dunia. Lalu dipergantian tahun baru ini, apakah kita akan bersuka cita? Bergembira? Menyambut kemeriahannya yang entah apa maksudnya. Bukankah seharusnya kita bersedih karena dunia ini semakin tua saja, semakin dekat pula dengan kiamat.
“Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi serta silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadan berbaring serta memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), ‘Wahai Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami terhadap siksa neraka.” [Âli ‘Imrân: 190-191]
Namun, perlu diingat bahwa memperingati akhir tahun atau tahun baru tidaklah dikenal dalam Islam. Tidak dikenal pada tahun Hijriyah mereka, apalagi pada tahun Masehi orang-orang kafir.
Berikut adalah beberapa kemungkaran yang perlu diingatkan:
·       

·        1.  Keharaman merayakan hari Natal dan Tahun Baru.Umat Islam tidaklah mengenal hari raya, kecuali tiga hari: Idul Fitri, Idul Adha, dan hari Jum’at. Perayaan hari raya, selain tiga hari raya ini, adalah bentuk penyerupaan terhadap kaum kuffar dan perkara baru dalam agama
·     2. Penetapan kalender dengan perhitungan Masehi. Bagi umat Islam, telah berjalan di tengah mereka penetapan bulan berdasarkan ketetapan Islam.
·      3. Berpartisipasi dalam hari raya mereka. Imam Malik rahimahullâh berkata, “Hal yang kubenci (yaitu) ikut bersama mereka pada perahu yang mereka tumpangi, dalam rangka hari raya mereka, karena dikhawatirkan bila kemungkaran dan laknat terhadap mereka turun.”
·     4. Memberi hadiah atau ucapan selamat. Ibnul Qayyim rahimahullâh berkata, “Adapun memberi ucapan selamat kepada simbol-simbol khusus kekafiran, (hal tersebut ) adalah haram menurut kesepakatan (ulama)
·           5.  Berpakaian dengan pakaian mereka. Telah sah dari Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam akan celaan terhadap memakai pakaian orang-orang kafir. Juga terhadap para perempuan
·   6. Menerima hadiah dari perayaan mereka. Syaikh Ibnu Bâz rahimahullâh dan Al-Lajnah Ad-Dâ`imah memfatwakan, “Seorang muslim tidak boleh memakan (makanan) apapun yang dibuat oleh orang-orang Yahudi, Nashrani, atau musyrikin berupa makanan-makanan hari raya mereka. Seorang muslim juga tidak boleh menerima hadiah hari raya mereka karena (penerimaan) tersebut merupakan bentuk memuliakan mereka, tolong-menolong bersama mereka dalam menampakkan simbol-simbol mereka, dan melariskan bid’ah-bid’ah mereka, serta berserikat bersama mereka pada hari-hari raya mereka, yang terkadang hal tersebut menyeret (seorang muslim) untuk menjadikan hari-hari raya mereka sebagai hari raya kita atau, paling tidak, terjadi pertukaran undangan untuk mengambil makanan atau hadiah pada hari raya kita dan hari raya mereka. Hal ini merupakan bentuk-bentuk fitnah dan perbuatan bid’ah dalam agama
·        7.  Ikut andil dalam kemaksiatan dan kemungkaran
Kita perlu menjauhi segala kemungkaran-kemungkaran tersebut, apalagi sekarang ini kita berpijak di akhir tahun, dan biasanya banyak sekali perayaan-perayaan besar yang merupakan bagian dari budaya orang kafir malah kita ikuti. Tulisan saya masih jauh dari kesempurnaan, sekiranya saya hanya berbagi semoga ini dapat bermanfaat bagi para sahabat.

Referensi:
http://taqwimislamy.com/index.php/en/58-islami/370-beberapa-kemungkaran-di-akhir-tahun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar